Minyak Ikan Untuk Obesitas

Minyak ikan bisa digunakan untuk mengatasi obesitas. Para ilmuwan Australia berhasil membuktikan hal tersebut, yang dimuat dalam sebuah jurnal klinik nutrisi terbitan Amerika Serikat. Disebutkan, asam lemak Omega-3 dalam minyak ikan (baik yang diperoleh dari ikan maupun suplemen), ampuh mengurangi kolesterol jahat yang banyak tertimbun dalam tubuh penderita obesitas. Selain itu, minyak ikan juga dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Para peneliti melibatkan 75 orang sukarelawan obesitas, dibagi dalam 4 kelompok. Kelompok pertama diberi 6 gr minyak ikan tuna setiap hari, kelompok kedua diberi 6 gr minyak ikan tuna, dan berolahraga aerobik (berjalan kaki selama 45 menit, 3 kali seminggu). Kelompok ketiga diberi 6 gr minyak bunga matahari dan kelompok terakhir diberi 6 gr minyak bunga matahari yang dikombinasi dengan olehraga aerobik.

Setelah 12 minggu, pada kelompok kedua, kelompok yang mengonsumsi minyak ikan dan melakukan olahraga ternyata kolesterol jahatnya jauh berkurang dan Elastisitas pembuluh darahnya juga makin baik. Mereka juga menjplami penurunan berat badan lebih besatdibanding tfga kelompok lainnya. Karena itu, peneliti menganjurkan mereka yang mengalami obesitas untuk mengonsimsi dua ekor ikan setiap minggu, atau mengonsumsi suplemen minyak ikan secara teratur.

0 komentar:

Posting Komentar