Saudara Sejantungan?

Namanya saudara kandung, biasanya dari kecil terbiasa merasa senasib sepenanggungan. Tapi, bagaimana kalau salah satu menderita penyakit jantung? Mesti senasib juga? Riwayat keluarga memang merupakan salah satu faktor risiko. Karena itu, kenali dan cegah agar tak perlu bernasib sama. Faktanya:
  1. Risiko terserang penyakit jantung meningkat hingga dua kali lipat bila kita berusia 30 tahun ke atas dan punya keluarga yang sudah pernah mengalami serangan jantung. Keluarga yang dimaksud adalah ayah, ibu, dan saudara sekandung.
  2. Salah satu penyebab penyakit jantung yang mengakar di keluarga adalah kondisi genetik yang disebut hypertrophic cardiomyopathy (HCM). Hal ini menyebabkan otot jantung menjadi tebal. Penebalan otot tersebut memblokir aliran darah yang keluar dari jantung, saat sedang beraktivitas. Akibatnya, bisa terjadi kematian mendadak, bahkan pada orang yang tidak memiliki gejala sama sekali.
  3. Riwayat keluarga memang tidak bisa kita kendalikan. Tetapi kita bisa mencegah dan menurunkan tingkat risikonya dengan mengatur pola makan, olahraga teratur, dan mengurangi stres. Jangan lupa, hubungi dokter untuk merencanakan tes rutin kesehatan jantung.

0 komentar:

Posting Komentar