Resiko Diabetes Perokok Pasif

Satu alasan lagi untuk mendukung langkah memberlakukan larangan merokok di tempat umum, yaitu untuk melindungi kesehatan mereka yang bukan perokok. Penelitian yang dilakukan terhadap 4572 orang di Amerika Serikat selama 15 tahun menemukan bahwa para perokok pasif juga menghadapi peningkatan resiko menderita intoleransi glukosa, suatu keadaan yang dapat mengarah pada diabetes.

Riset yang dipimpin oleh Profesor Thomas Houston dari Birmingham Veterans' Affairs Medical Center di Alabama ini membagi subyek penelitian dalam 4 kategori; perokok, bekas perokok, perokok pasif, dan mereka yang tak pernah terkena asap rokok.

Kelompok perokok tentu saja mempunyai risiko tertinggi, dengan 22% menderita intoleransi glukosa dalam waktu 15 tahun. Namun sayangnya, pada kelompok perokok pasif, risikonya ikut naik dengan 17% penderita, lebih tinggi dibandingkan kelompok tidak pernah terkena asap rokok yang hanya 12%. Racun-racun dalam asap rokok inilah yang diduga mempengaruhi pankreas yang bertugas memproduksi insulin, zat pengaturgula darah.

0 komentar:

Posting Komentar