Latihan untuk Penderita Diabetes

Olahraga bisa menjadi senjata ampuh untuk mengendalikan diabetes tipe 2. Dengan olahraga, tubuh dapat mengurangi resistensi insulin. Peredaran gula darah di tubuh pun akan lebih efisien berkat olahraga. Sayangnya tak banyak orang tahu, olahraga jenis apa yang paling bagus untuk penderita diabetes.

Baru-baru ini peneliti menemukan bahwa kombinasi antara olahraga yang bersifat aerobik dan yang ada hubungannya dengan resistensi (misalnya weight training) ampuh melawan diabetes tipe 2.

Para peneliti meneliti 251 penderita diabetes tipe 2 yang dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama diminta untuk latihan erobik selama 45 menit, 3 kali seminggu. Kelompok kedua diminta untuk latihan weight training selama 45 menit, 3 kali seminggu. Kelompok ketiga, berlatih kombinasi antara aerobik dan weight training selama 45 menit, 3 kali seminggu juga.

Kelompok terakhir sama sekali tidak olahraga. Hasilnya, kelompok yang melakukan kombinasi latihan aerobik dan weight traininglah yang paling terkontrol gula darahnya.

0 komentar:

Posting Komentar