Jangan Berantakan!

Coba perhatikan meja kerja atau kamar kita, penuh simpanan barang yang tak bergunakah? Barang-barang simpanan tersebut ternyata bisa menjadi petunjuk kepribadian kita. Tengok apa petunjuk yang ada di balik tumpukan itu. Kemudian, mulai, deh, bersih-bersih.

Tipe berantakan aspirasional ("Saya mungkin akan memerlukan barang ini suatu saat" Misalnya, baju sempit, brosur-brosur.) simpan barang-barang yang memang masih kita butuhkan saat ini. berantakan sentimental. ("Sahabatku pasti sedih, bila ini dibuang." Misalnya, kartu Lebaran setahun lalu.)

Tip: Simpan barang-barang yang paling kita sayangi di sebuah boks dan buang sisanya. percaya, deh, sahabat kita juga pasti protes lihat ruangan kita berantakan.

Tipe berantakan ego-building. ("Lihatlah aku!" Misalnya, menyimpan CD musik jazz yang tidak pernah kita dengar atau buku seni yang tidak pernah kita baca.)

Tip: Kadang kita menyimpan barang-barang yang bisa menunjukkan status, agar harga diri meningkat atau merasa eksklusif. Tanyalah pada diri sendiri, "Apakah saya benar-benar senang pada barang ini?" Jika tidak, buang saja! Selain ruangan kita menjadi lebih luas, pemikiran kita tentang sesuatu yang berharga juga akan lebih jelas.

0 komentar:

Posting Komentar