Ternyata Minyak Ikan Itu ...

... tidak sepenuhnya memiliki manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kesehatan jantung, mencegah stroke, atau kanker, menurut studi yang dilakukan oleh Universitas of East Anglia bersama dengan 8 institusi lainnya.

British Heart Foundation mengatakan bahwa penelitian lanjutan masih perlu dilakukan. Sementara itu. The Health Supplement Information Service, yang mewakili produsen minyak ikan, berpendapat bahwa asam lemak omega 3 memberi manfaat yang berbeda bagi setiap orang. Institusi ini juga berpendapat bahwa kajian lanjutan perlu dilakukan.

Sementara itu, studi lain yang dilakukan tahun 2003 terhadap lebih dari 3000 pria justru menampakkan hasil yang lebih 'ajaib': tingkat kematian akibat serangan jantung lebih tinggi pada mereka yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan.

Penyebab yang paling memungkinkan diduga karena tingginya kadar merkuri pada ikan. Merkuri memang zat berbahaya bagi kesehatan dan dapat tertumpuk di ikan yang hidup di perairan tercemar.

Meski demikian, The British Heart Foundation mengatakan bahwa sampai sekarang, asam lemak omega 3 tetap bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Agar lebih baik, variasikan jenis makanan untuk memperbanyak asupan nutrisi.

0 komentar:

Posting Komentar