Bisa Tidak Terdeteksi

Suka merasa nyeri di lengan atau bahu? Atau kerap merasa lelah berlebihan, sulit tidur, dan napas menjadi pendek? Hati-hati, bisa jadi itu merupakan gejala masalah jantung, lho. Tidak selamanya gejala sakit jantung adalah adanya rasa nyeri di dada.

Ada sebuah gangguan yang disebut coronary microvascular syndrome, yang berupa tumpukan plak yang bentuknya menyebar di pembuluh darah, terutama di cabang pembuluh darah kecil di jantung dan di sel-sel di sepanjang pembuluh darah arteri. Karena sifatnya menyebar (bukan menghambat pembuluh darah seperti gangguan jantung umumnya), kondisi ini sulit terdeteksi.

Bila merasakan gejala-gejala di atas, sebaiknya minta dokter untuk melengkapi pemeriksaan dengan tes yang disebut duke activity index untuk mengetahui tingkat kesulitan pasien dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Bisa juga dilakukan tes lain, seperti tes untuk mengetahui kadar protein tertentu, scanning pembuluh darah dan pelebaran pembuluh darah. Demikian diungkapkan dalam Jurnal American College of Cardiology.

0 komentar:

Poskan Komentar