Kenali Lemak Sehat Sejak Dini

Kebiasaan makan sehat sebaiknya dibentuk sedini mungkin. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Finlandia, anak-anak yang diajarkan untuk memilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh, punya kadar kolesterol yang lebih rendah dibanding anak-anak yang tidak diajarkan diet sehat. Bahkan, ketika anak tersebut menginjak remaja dan mulai sering makan di luar rumah, pilihan tetap jatuh pada makanan sehat.

Para peneliti mengikuti perkembangan 1062 anak dari umur 7 bulan hingga 14 tahun. Awalnya, orangtua diberi petunjuk diet sehat bagi sang anak. Kemudian, saat berusia 7 tahun, anak-anak tersebut mulai diajarkan untuk memilih makanan sehat sendiri.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di edisi online American Heart Association Journal Circulation menyebutkan, kelompok anak yang telah diberi konseling diet, mengonsumsi lebih sedikit lemakjenuh serta lebih banyak protein dan karbohidrat.

Terbukti intervensi dini bermanfaat positif di kemudian hari. Tetapi, sebelum membiasakan anak makan sehat, orang tua harus punya pola makan sehat terlebih dahulu, dong!

0 komentar:

Posting Komentar