Kembar Pria Bikin Susah?

Ini kabar buruk bagi si kembar pria dan wanita, terutama bagi yang wanita. Berdasarkan analisis yang diambil dari data abad ke-18 hingga 19 oleh University of Sheffield, Inggris, wanita yang saudara kembarnya laki-laki, memiliki kemungkinan 15% lebih kecil untuk menikah.

Selain itu, wanita dengan saudara kembar pria memiliki kemungkinan 25% lebih sedikit untuk memiliki anak. Kalaupun memiliki anak, jumlah anaknya lebih sedikit dibanding wanita yang bersaudara kembar wanita. Sengaja diambil data pada tahun 1734-1888, agar hasilnya lebih sahih, karena masa itu belum terpengaruh oleh kemajuan perawatan kesehatan dan alat kontrasepsi.

Menurut para peneliti, kemungkinan penyebabnya adalah paparan hormon testosteron milik saudara kembar laki-laki kepada janin perempuan saat kedua janin masih berada dalam kandungan. Akibatnya, kembar wanita memiliki perilaku lebih maskulin.

Mungkin inilah yang mempengaruhi keputusan mereka untuk menikah. Paparan testosteron dalam kandungan juga mempengaruhi bentuk wajah, bahkan panjang jari tangan. Selain itu, peningkatan testosteron dalam masa perkembangan janin juga dapat meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan fertilitas. Duh... saudara kembar laki-laki, kok, bikin susah?

0 komentar:

Poskan Komentar