Mendengkur dan Bronchitis

Telah ditemukan fakta menarik tentang mendengkur. Peneliti dari RS Ansan Universitas Korea mendata kesehatan 4.270 orang (52% cowok dan 48% cewek) pada tahun 2001. Para koresponden diwawancara mengenai kondisi kesehatan mereka, dari sejarah penyakit keluarga hingga kebiasaan mendengkur!

Tiap dua tahun hingga 2006 lalu, para peneliti kembali mewawancara koresponden untuk memantau perkembangan kesehatan mereka. Menariknya, nih, para koresponden yang biasa mendengkur ternyata jadi menderita bronchitis selama masa periode penelitian.

Dari penelitian itu disimpulkan kalau koresponden yang mendengkur enam hingga tujuh kali seminggu berisiko 68% menderita bronchitis dibandingkan mereka yang tidak mendengkur sama sekali. Sedangkan orang yang mendengkur kurang dari lima kali seminggu hanya memiliki resiko 25% terkena bronchitis.

Hasil studi ini diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association's Archives of Internal Medicine. Jurnal tersebut menyebutkan kalau penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengungkapkan fakta yang lebih jelas antara bronchitis dan mendengkur, gitu....

0 komentar:

Posting Komentar