Waspada Perut Buncit

Jangan anggap remeh perut melebar walau berat tubuh kita termasuk normal. Baru-baru ini tim peneliti dari Imperial College London mengungkapkan kalau tumpukan lemak di lingkar pinggang dapat meningkatkan risiko kematian seseorang, termasuk untuk mereka yang memiliki bobot normal.

Setelah mengadakan penelitian terhadap 360.000 orang di sembilan negara Eropa, para ahli menyimpulkan kalau risiko kematian dini seseorang yang mengalami penambahan lima cm pada lingkar pinggang atau perutnya akan meningkat hingga 13%-17%. Dari penelitian selama 10 tahun, ternyata 14.723 koresponden meninggal dunia di awal usia 50-an.

Massa indeks tubuh (BMI) memang masih jadi acuan peneliti untuk memprediksi masalah kesehatan. Tapi dalam kasus ini, ternyata ukuran lingkar pinggang justru lebih berpengaruh. Soalnya, nih, beberapa koresponden tetap mengalami peningkatan risiko kematian dini akibat lingkar pinggang yang besar walau BMI mereka normal.

Laporan di jurnal The New England Journal of Medicine ini menyarankan para dokter melakukan pengukuran lingkar secara teratur.

0 komentar:

Posting Komentar