Perut Panas Bikin Malas?

Pernah saat latihan perut terasa panas lalu bersendawa dengan rasa pahit-asam seperti aroma muntah? Duh, merusak acara latihan!

Menurut American Gastroenterological Association (AGA), kondisi yang biasa disebut heartburn ini merupakan pertanda bahwa otot esophageal bawah kita dalam keadaan lemah atau terlalu relaks. Ini tips mengatasinya:
  1. Mungkin kita makan terlalu cepat sebelum latihan. Hindari kopi dan makanan asam sebelum latihan. Coba pisang, sereal gandum, atau roti gandum yang ringan dalam jumlah secukupnya.
  2. Beberapa jenis latihan bisa memicu heartburn. Perhatikan, apakah kita mengalami rasa terbakar saat melakukan latihannya. Kalau ya, ganti latihan tersebut. Misalnya, ganti senam aerobik hi-impact atau lari dengan senam lo-impact atau hiking. Crunch, yoga dan latihan batang tubuh sebaiknya tak dilakukan dalam keadaan perut penuh.
  3. Coba minum obat antasid dengan kalsium sebelum latihan. Bahan-bahan ini bisa menetralkan keasaman di perut. Tanyakan pada dokter sebelum mencoba cara ini.

0 komentar:

Posting Komentar